7 STRATEGI AGAR TETAP POSITIF DAN FIT DITENGAH KETIDAKPASTIAN.

Dalam setiap kondisi yang penuh dengan ketidak pastian, tentu banyak orang yang mengalami perasaan yang cemas dan takut .  Bukan hanya takut akan kesehatan tetapi tentang aspek finansial karena banyak orang terpaksa  kehilangan pekerjaan sebagai sumber kehidupanya.

 

Penghasilan yang jauh menurun atau kehilangan pekerjaan dapat menimbulkan perasaan cemas dan takut datang. Tapi itu adalah sesuatu yang wajar. Perasaan cemas dan takut adalah alarm bagi diri kita untuk mempersiapkan sesuatu atau lebih waspada.   Jadi kalau alarm itu petunjuk maka artinya mengajak kita fokus pada persiapan apa hari ini yang perlu dilakukan untuk bisa survive saat ini dan bahkan mungkin menemukan peluang baru untuk kehidupan selanjutnya.

 

Namun jika anda selalu terjebak dalam perasaan cemas dan takut, maka  otak tidak dapat diajak untuk bisa kreatif dan inovatif dalam mnghadapai macam persoalan.  Dan tentu saja kesehatan fisik dan mental anda akan jauh menurun sehingga menjadi tidak produktif.

Bagaimana mengubah rasa kecemasan dan rasa takut ini menjadi perasaan yang lebih positif, optimis dan tangguh menghadapi macam persoalan dalam kondisi tidak pasti  .

 

APA 7 STRATEGY UNTUK TETAP POSITIF dan FIT ?

 

  1. MENERIMA dan tetap OPTIMIS. menyadari sesungguhnya apa yang terjadi saat ini diluar kontrol dan bersikap menerima dengan kondisi tanpa sibuk menyalahkan siapapun, karena itu akan menghabiskan energi anda.  Lakukan saja apa yang bisa anda kontrol. Orang yang cemas seringkali mencemaskan sesuatu yang diluar kontrol dirinya. Langkah selanjutnya adalah mampu menentukan apa yang bisa dilakukan saat ini untuk menangkap peluang disaat ini untuk membantu menyelesaikan masalah saat ini.  Dengan melihat ada peluang kita mempunyai harapan dan adanya harapan membuat kita mejadi lebih optimis. Sikap optimis sangat penting karna akan mempengaruhi kondisi kesehatan fisik dan mental.  

 

 

  1. TETAP AKTIF, tidak bermalas malasan ketika masa karantina dirumah. Godaan untuk bermalas malasan sangat besar karena bagi sebagian orang belum mempunyai keterampilan secara mandiri melakukan sesuatu.  Usahakan tetap melakukan aktifitas tubuh seperti berolahraga dirumah atau dikamar anda. Olahraga akan memperbaiki mood anda. anda tetap bisa melakukan latihan olah tubuh dan olah nafas meskipun dirumah saja atau anda bisa mengikuti  virtual kelas  yoga  yang saat ini banyak dilakukan studio  studio kebugaran dan guru guru yang menawarkan kelas nya secara online. Atau aktivitas lain yang menyenangkan saat dirumah seperti berkebun dll.

 

  1. PERILAKU MAKAN yang SEHAT, waktu yang lebih banyak dirumah jadi bikin sering tergoda untuk sering makan.  Kebosanan, merasa kesepian dan cemas sering menjadi pemicu orang untuk makan lebih banyak. Kelola dengan baik perasaan tersebut sehingga tidak dilampiaskan ke makanan.  Miliki kebiasaan untuk bisa berkomunikasi dengan tubuh. Tubuh memiliki kecerdasan dan selalu memberikan signal kebutuhannya. Anda makan hanya saat tubuh memberikan signal lapar fisik nya, makan dengan penuh kesadaran dan perlahan  serta berhenti sebelum kenyang.  Cara makan seperti ini akan membuat anda tetap memiliki tubuh yang ideal dan tubuh jauh lebih ringan untuk mudah melakukan pekerjaan.

 

 

  1. PRAKTEK SINGLE TASKING, otak tidak didesign untuk bekerja secara multitasking. Disaat anda memutuskan bekerja multitasking artinya otak melakukan switching. Semakin sering anda melakukan banyak pekerjaan pada waktu bersamaan  semakin besar energi yang anda butuhkan.  Maka seringkali orang yang multitasking setelah semua nya selesai seprti merasa sangat kelelahan. Cobalah berlatih fokus dengan satu pekerjaan tertentu dengan melibatkan semua pancainderawi. Dan berikan waktu jeda istirahat disela sela bekerja dengan fokus tersebut, misal 25 menit bekerja satu hal anda 5 menit melakukan jeda rileksasi sebentar dengan berjalan mencari udara segar atau strecthing otot anda. Dan jangan memaksakan anda terlalu lama bekerja, otak dan tubuh anda membutuhkan istirahat yang cukup. Dengarkan keinginan tubuh anda.

 

 

  1. MERASA TERHUBUNG, Banyak orang menyepelekan perasaan kesepian, dianggap sesuatu yang normal. Perasaan kesepian muncul karena merasa tidak terhubung secara emosional dengan orang lain..  Kesepian memberikan alarm kepada diri kita untuk segera memulai komunikasi untuk memenuhi kebutuhan emosional.  Ditengah physical distancing dan tidak bisa melakukan pertemuan secara fisik,  bisa melakukan pertemuan virtual dengan menggunakan teknologi digital saat ini.  Bisa jadi pertemuan virtual tersebut menjadi ide ide anda untuk melakukan sesuatu yang baru atau membangkitkan semangat anda untuk memulai sesuatu. Atau dirumah melakukan percakapan percakapan yann bermakna dan lebih dalam dengan keluarga dirumah.

 

  1. BELAJAR HAL BARU , pastikan anda tetap bertumbuh dengan belajar hal hal yang perlu anda kuasai sebagai skill untuk bertahan dalam kondisi yang tidak pasti.  Virtual Learning  banyak sekali bisa anda akses dengan harga yang terjangkau dan kadang bisa di akses secara Free.  Pilih lah virtual learning yang benar benar anda butuhkan sehingga anda bisa fokus meningkatkan kemampuan anda pada suatu hal.

 

  1. BERSYUKUR, ini adalah sebuah keterampilan perilaku menjalani kehidupan.  Ajak pikiran untuk melihat dan merasakan apa hal hal kecil yang selama ini patut disyukurin. Kadang kita mengganggap sesuatu yang mestinya normal kita dapatkan adalah hal yang lumrah.  Cara mudah untuk bersyukur adalah membayangkan kalau kita kehilangan sesuatu.   Melatih memvisualisasikan atau menulis kan jurnal syukur akan membentuk jalur syaraf syukur, sehingga kita mudah mengakses kebersyukuran.  Lihat apa yang sudah baik anda lakukan, jangan pernah membandingkan anda dengan oranglain. Saat anda bersyukur tubuh menghasilkan hormon  seretonin yaitu salah satu hormon kebahagiaan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *